23 August 2011

Indonesia Juara Umum Musabaqah Hafalan Al-Qur’an dan Hadits (MHQH) Tingkat ASEAN-Pasifik 2011

para pemenang


berlangsung di Aula Masjid Istiqlal Jakarta pada 26-27 Juni 2011 usai sudah. Para pemenang akhirnya diumumkan pada penutupan lomba di Hotel JW. Marriot Kuningan, Jakarta pada 28 Juni malam dan Indonesia keluar sebagai juara umum.
Acara ini merupakan gelaran Atase Agama Kedutaan Arab Saudi bekerja sama dengan Kementerian Agama RI yang disponsori secara penuh oleh Putra Mahkota  Kerajaan Saudi Arabia, Pangeran Sultan bin Abdul Aziz Alu Su’ud.
Koordinator Sekretariat MHQH, Ustad Gunaim juga menjelaskan bahwa MHQH tingkat ASEAN-Pasifik ini, diikuti oleh beberapa negara ASEAN serta Timor Leste dan Timur Tengah, seperti  Indonesia, Kyrgistan, Malaysia, Selandia Baru, Singapura, Australia, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan serta negara lainnya, dengan total 90 peserta.
Untuk dewan juri pada gelaran Atase Agama Kedutaan Arab Saudi bekerja sama dengan Kementerian Agama RI ini didatangkan khusus dari Arab Saudi sebanyak tiga orang, yaitu Dr. Salim bin Gharmallah Az-Zuhrani, Dr. Abdullah bin Muhammad Al-Jarullah, dan Dr. Salim bin Muhammad Asy-Syinqithi.
Menteri Urusan Islam, Wakaf, Dakwah dan Bimbingan Arab Saudi, Syekh Soleh Bin Abdul Aziz Al Sheikh yang menyaksikan langung acara tersebut mengaku bangga dapat menggelar MHQH, baik untuk tingkat nasional maupun ASEAN-Pasifik ini, dan diharapkan dengan kegiatan ini akan dapat meningkatkan kecintaan untuk membaca dan menghafal Al-Qur’án, serta kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan Kerajaan Saudi Arabia dapat terus ditingkatkan.
Menteri Agama, Suryadarma Ali yang hadir pada acara ini juga sangat berterima kasih atas gelaran yang telah berlangsung keempat kalinya di Indonesia tersebut. Selain itu, Menag juga berharap dengan adanya MHQH ini semakin mempererat ukhuwah Islamiyah antar generasi muda khususnya di ASEAN dan Pasifik. Pun juga hubungan bilateral antar negara agar tetap langgeng.
Pada perhelatan tersebut, para peserta yang dinobatkan sebagai pemenang sesuai urutan adalah sebagai berikut.
Golongan 30 juz: 1. Moh. Salim Ghazali (Indonesia), 2. Khoirul Anwar (Indonesia), dan 3. Abdulkhaev Mukhtadi (Tajikistan).
Golongan 20 juz: 1. Agus Nur Qowim (Indonesia), 2. Hamid Azimi (Selandia Baru), dan 3. Islomzoda Miftohidin (Tajikistan).
Golongan 15 juz: 1. Zakaria Dahbi (Australia), 2. Muhammad Syazwi bin Murni (Brunei Darussalam), dan 3. Muhammad Najib bin Haji Ali Akbar (Brunei Darussalam).
Golongan 10 juz: 1. Abdoallah Dahbi (Australia), 2. Deden Bahroini (Indonesia), dan 3. Talhah Nadat (Selandia Baru).
Golongan Hadits: 1. Muhammad Zuhdi (Indonesia), 2. Arya Widaya Darma (Indonesia), dan 3. Ahmad Jumari (Indonesia).
Untuk  tingkat mancanegara ini para pemenang 1, 2, dan 3 dari masing-masing golongan diberikan bonus  tambahan. yaitu “Secara otomatis mendapat undangan khusus naik haji ke Baitullah sebagai tamu Kerajaan Saudi Arabia. Bagi peserta yang belum meraih juara, tambahnya, masing-masing berhak mendapatkan uang tunai sebesar U$ 100. Itu di luar biaya transport, akomodasi dan lain sebagainya,” jelas Ust Gunaim
sumber:Hidayatullah.com, fsqalhafidz.org

No comments:

Post a Comment

Followers